11 Jan 2011

Contoh Makalah Psikologi Kepribadian


makalah . merupakan sesuatu yang wajib ditemui bagi Anda yang telah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Makalah juga salah satu tugas yang pastinya pernah diberikan oleh dosen-dosen Anda, entah dalam mata kuliah apapun. Ada makalah yang bertopik ekonomi, makalah yang bertopik sosiologi, makalah yang bertopik perpajakan dan sebagainya. Dan salah satu contoh makalah adalah contoh makalah psikologi kepribadian.


Psikologi

Psikologi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari kepribadian seseorang dengan sesama manusia dan lingkungan sekitarnya. Psikologi pada dasarnya bukanlah mata pelajaran yang akan ditemukan di tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tentu saja mata kuliah ini dipelajari di bangku perkuliahan.

Pada artikel kali ini akan mencoba membahas tentang contoh makalah psikologi kepribadian. Walaupun demikian, Anda juga dapat menerapkan penulisan makalah berikut untuk contoh-contoh makalah lainnya.


Makalah Psikologi Kepribadian

Untuk penulisan makalah psikologi sendiri, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan penulisan makalah pada umumnya. Bahwa, sebuah makalah pun turut mematuhi penulisan sistematika yang benar dan tepat.

Berikut ini adalah sistematika penulisan untuk makalah yang benar:

A. Bagian Pendahuluan:

Bagian pendahuluan dari sebuah makalah haruslah mencantumkan beberapa hal di bawah ini. Sebab, bagian pendahuluan akan mengantarkan pembaca pada bagian depan makalah Anda.

Dan berikut ini adalah tiga hal yang seharusnya ada di bagian pendahuluan:

  1. Halaman judul, halaman ini memuat judul dari sebuah makalah Anda, yang dapat mewakili seluruh isi dari makalah. Karena ini adalah contoh makalah psikologi, Anda mungkin bisa menggunakan istilah psikologi sebagai judul;

  2. Kata pengantar, halaman ini memuat kata pengantar dari si pengarang atau penulis makalah. Layaknya kata pengantar pada umumnya, makalah psikologi juga menggunakan kata pengantar. Dan tetap ingat, sebisa mungkin gunakan istilah-istilah yang sesuai dengan ilmu kajian Anda; dan

  3. Daftar isi, halaman ini memuat konten-konten ataupun judul dan subjudul dari makalah Anda.


B. Bagian Isi:

Bagian isi dari sebuah makalah harus juga mencantumkan beberapa hal penting, yang sangat berguna bagi pembaca Anda untuk memahami dan mengerti isi sajian dari makalah Anda. Dan selalu ingat bahwa bagian isi wajib ditulis sesuai dengan sistematika. Berikut ini adalah bagian-bagian dari isi, yaitu:

  1. Bab I, bab pertama berisi perihal permasalahan apa yang akan Anda angkat sebagai tema. Untuk contoh makalah psikologi, mungkin Anda dapat menggunakan permasalahn berikut: “Misteri Kepribadian Ganda”;

  2. Bab II, bab kedua berisi perihal metode dan teori kajian yang Anda pergunakan dalam makalah Anda. Untuk metode dan teori kajian sendiri, Anda bisa memilih satu dari ketiga metode berikut: metode pustaka; metode survey ke lapangan; atau metode campuran pustaka dan survey;

  3. Bab III, bab ketiga berisi perihal ulasan dan paparan Anda tentang permasalah yang telah Anda angkat. Harus tetap diingat bahwa untuk bab ketiga ini Anda harus turut memperkuat argument Anda dengan berdasarkan buku referensi psikologi sejenis agar paparan Anda tidak diragukan mengenai misteri kepribadian ganda tersebut; dan

  4. Bab IV, bab keempat berisi perihal kesimpulan dari permasalah yang Anda angkat. Usahakan pada kesimpulan ini Anda benar-benar telah sampai pada kesimpulan dari misteri kepribadian ganda, yang meliputi segala aspek tentunya.


C. Bagian Penunjang:

Bagian penunjang dari sebuah makalah harus juga mencantumkan pendukung dari isi makalah Anda. Maksudnya adalah, lampirkan beberapa data penambah jika bisa. Dan tentu saja, Anda harus mencantumkan daftar pustaka yang berisi buku bacaan apa saja yang Anda pergunakan selama penulisan makalah.

Demikianlah sajian mengenai contoh makalah psikologi kepribadian, yang dapat juga Anda aplikasikan pada contoh-contoh makalah lainnya. Selamat menulis makalah!

Sumber: http://www.anneahira.com/contoh-makalah-psikologi-kepribadian.htm


training center | pelatihan humas | pelatihan jurnalistik | workshop jurnalistik | psikologi | psikologi kepribadian | psikologi pendidikan | psikologi sosial | psikologi anak | psikologi umum